UTANG PIUTANG

www.jackandassociates.id, Jombang– Pada dasarnya utang piutang merupakan konsep utama dalam aktivitas ekonomi serta perdagangan. Utang merupakan kewajiban finansial sesuatu pihak kepada pihak yang lain yang terjalin akibat transaksi jual beli ataupun pemberian pinjaman. Sedangkan Piutang adalah nilai yang tercatat dalam kewajiban finansial yang mereka terima dari pihak lain akibat transaksi yang sudah terjalin.

Dalam perihal ini, utang serta piutang bisa memastikan arus kas perusahaan serta mempengaruhi keadaan keuangan secara totalitas. Oleh sebab itu, penting untuk perusahaan agar menguasai konsep utang serta piutang termasuk jenis- jenisnya.  Seperti contoh: utang dan piutang dagang, utang serta piutang wesel, dan utang serta piutang pajak. Perusahaan dapat mengambil langkah- langkah efisien untuk mengelola keuangan mereka dengan lebih baik serta mengoptimalkan kemampuan keuntungan usahanya.

Peran Hukum Perlindungan Konsumen dalam Utang Piutang

Hukum Perlindungan Konsumen memberikan proteksi serta kepastian hukum pada konsumen yang salah satunya pada transaksi utang piutang. Saat ini, tidak sedikit aplikasi online menyediakan jasa utang piutang dengan bunga yang cukup tidak masuk akal, dan masih banyaknya Renternir/Bank Titil yang kerap kita temui di desa-desa atau pasar tradisional.

Ketentuan- ketentuan ini bertujuan untuk melindungi konsumen dari praktik- praktik yang merugikan serta membagikan rasa nyaman dan kepastian hukum dalam transaksi utang piutang. Oleh sebab itu, para pelaku usaha atau penyedia jasa utang piutang wajib mematuhi ketentuan- ketentuan yang berlaku agar dapat menjunjung hak-hak konsumen dan menghindari penyalahgunaan dalam transaksi hutang piutang.

Seperti Contoh

Seseorang A (debitur) berhutang kepada Seseorang B (kreditur/renternir), kemudian tidak membayar utangnya dengan berbagai macam alasan. Apakah renternir dapat menuntut kreditur?

Tidak dapat. Karena debitur tidak memiliki izin yang jelas untuk memberikan jasanya kepada kreditur dan cenderung memberikan bunga pinjaman yang cukup besar. Hal tersebut juga tidak sesuai dengan peraturan perbankan atau peraturan lain yang terkait utang-pitang.

Dari contoh permasalahan utang piutang tersebut, Dapat disimpulkan bahwa penting untuk mengelola utang piutang mereka dengan baik supaya bebas dari permasalahan keuangan ataupun krisis yang bisa mempengaruhi keberlangsungan hidup.

Posted in